Mesir Melarang Niqab di Sekolah, Hanya Pengalihan Isu

Mesir Melarang Niqab di Sekolah, Hanya Pengalihan Isu

Tsaqofatuna.id- Mesir melarang penggunaan niqab atau cadar di sekolah. Aturan ini mulai resmi berlaku per 30 September mendatang saat tahun ajaran baru dimulai.

Kontan aturan ini mengundang beragam respons dari masyarakat Mesir. Sebab, 90 persen lebih populasi Mesir merupakan umat Muslim.

Sebagian masyarakat menolak larangan ini, sementara yang lainnya mendukung aturan baru ini. Masyarakat yang menolak aturan ini menganggap larangan niqab melanggar kebebasan beragama dan kebebasan sipil yang dijamin oleh konstitusi Mesir. Mereka menegaskan pemerintah tidak boleh mendikte pilihan pakaian keagamaan seseorang.

Sementara itu, masyarakat yang mendukung aturan ini menganggap penggunaan niqab mengaburkan proses pendidikan yang seharusnya “transparan”.

Jadi apa alasan Mesir melarang penggunaan niqab dan cadar di sekolah?

Dikutip Wion, Menteri Pendidikan Mesir Reda Hegazy mengatakan larangan ini bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara masalah agama dan menjaga lingkungan pendidikan yang jelas.

Hegazy menegaskan perempuan tetap boleh menggunakan hijab dan kerudung di sekolah, namun tidak boleh menutupi wajah dengan cara apa pun.

Larangan niqab sebenarnya bukan hal yang baru di Mesir. Berbagai lembaga publik dan swasta di Mesir telah menerapkan larangan penggunaan niqab dan cadar sejak lama.

Universitas Kairo bahkan telah menerapkan larangan penggunaan niqab bagi para staf dan pengajar sejak 2015. Aturan itu bahkan dikukuhkan oleh Pengadilan Mesir pada 2020 (www.cnnindonesia.com, 13/9/2023).

Proposal larangan niqab yang diajukan di parlemen Mesir dalam beberapa tahun terakhir ditarik atau ditolak. Padalah pemerintah Mesir telah membuat negaranya terpuruk dengan proyek-proyek sia-sia dan pinjaman yang justru memperburuk perekonomian dibandingkan memperbaiki keadaan. Jadi, dalam konteks ini, maka fokus pada niqab merupakan pembelokan dari permasalahan nyata yang tengah menghantui negara ini. Artinya, apa yang dilakukan oleh pemerintahan Mesir terkait larangan niqab hanya pengalihan isu saja dari masalah utama. [] Muhammad Bajuri

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion