Makna Kebahagiaan Ideologi Kapitalisme Adalah Meraih Keuntungan Materi

Mei 22, 2024
0 Dibaca
Makna Kebahagiaan Ideologi Kapitalisme Adalah Meraih Keuntungan Materia

Tsaqofatuna.id - Aktivis Dakwah Ustadzah Nikmah Mu'awanah dari Muslimah Media Center (MMC) menyatakan, makna kebahagiaan dalam pandangan hidup (ideologi) kapitalisme adalah meraih keuntungan materi yang sebesar-besarnya.

"Asas kapitalisme adalah memisahkan aturan agama dari kehidupan. Makna kebahagiaannya meraih keuntungan sebesar-besarnya," ujarnya dalam program Blusukan Kru MMC: [Bojonegoro] Emak-emak Hidup dalam Bayang-bayang Utang dengan Bunga Selangit, pada Minggu (19/5/2024), di kanal YouTube Cahaya Islam TV.

Karena itu, kata Nikmah, tak heran jika kehidupan masyarakat yang bersistem ekonomi Kapitalisme tidak bisa dilepaskan dari transaksi-transaksi atau akad-akad yang batil.

"Tak mengenal konsep halal dan haram sebab terpisahnya aturan agama dari kehidupan. Wajar, jika ada riba atau bunga dalam akad utang piutang," jelasnya.

Nikmah mencontohkan, fenomena persoalan utang berbunga yang terjadi pada masyarakat hari ini yang sudah dianggap biasa. Menurutnya, banyaknya emak-emak yang terlilit utang bahkan terjerat pinjol (pinjaman online) ilegal juga karena tidak bisa dilepaskan akibat dari kapitalisme.

"Ini akibat ulah yang dilakukan para pengusaha berotak kapitalis dalam mencari peluang investasi melalui pinjol," sebutnya.

Ia pun menerangkan bahwa hal itu terjadi karena pemerintah Indonesia hanya menilai dampak buruk pinjol semata-mata akibat maraknya pinjol yang ilegal.

Dari penilaian itu, akhirnya lanjut Nikmah, upaya yang dilakukan pemerintah pun hanya menutup praktik pinjol ilegal. Sedangkan, masyarakatnya tetap dianjurkan untuk memanfaatkan pinjol yang legal.

"Padahal yang menjadi masalah bukan praktik pinjol ilegal dan yang legal. Namun, masalah sebenarnya adalah adanya praktik ribawi pada keduanya," terangnya.

Nikmah lantas menegaskan, begitulah ketika sebuah negara menganut ideologi kapitalisme.”Praktik apapun sah-sah saja asalkan mendapat keuntungan besar," pungkasnya. [] Muhar.

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion